Kamis, 28 Juni 2012

Kepunahan KRL Ekonomi Lintas Tangerang

Setelah lintas Bekasi dan Bogor, sekarang lintas Tangerang akan kehilangan seluruh perjalanan KRL Ekonomi. Perjalanan KRL Ekonomi dihapus karena sering mengalami kerusakan. Padahal, KRL lintas ini jarang kena gangguan walaupun pernah mengalami gangguan. Sebagai penggantinya, 'diterjunkan' KRL Commuter Line biar bisa mengakomodasi penumpang KRL Ekonomi. Tapi, tarifnya tetap mengikuti KRL Commuter Line Tangerang - Duri PP, yaitu Rp5500. Kalo dilihat dari harga karcis, kasihan ya rakyat kecil yang mau naik KRL harus mengeluarkan uang dua kali lipat dari biasanya. Seharusnya, PT.KCJ mengkaji dulu penggantian KRL Ekonomi dengan penyesuaian harga karcis.


Nih,  jadwal KRL yang dihapus sama jadwal KRL biasa biar bisa disesuaikan. Berlaku tanggal 1 Juli 2011.


 929    05:30    Tangerang-Duri
 931    07:10    Tangerang-Duri
 933    09:00    Tangerang-Duri
 935    11:00    Tangerang-Duri
 937    13:00    Tangerang-Duri
 939    15:00    Tangerang-Duri
 941A  16:55    Tangerang-Duri
 943A  19:10    Tangerang-Duri
 930    06:20    Duri-Tangerang
 932    07:55    Duri-Tangerang
 934    10:00    Duri-Tangerang
 936    12:00    Duri-Tangerang
 938    14:00    Duri-Tangerang
 940A  15:50    Duri-Tangerang
 942A  17:57    Duri-Tangerang
 944    20:00    Duri-Tangerang



SUMBER
Jadwal KRL Tangerang - Duri
Jadwal KRL Duri - Tangerang



Minggu, 24 Juni 2012

Akses Menuju Jakarta Convention Center (Dengan Busway)

Karena busway sudah terintegrasi antarrute, nih gue kasih peta jaringan Busway di Jakarta ya. 
SUMBER


Semoga membantu :D

Akses Menuju Jakarta Convention Center (Tanpa Busway)

Karena banyak yang bertanya rute bus menuju Jakarta Convention Center (JCC), nih gue kasih alternatifnya. 


Dari Blok M
Turun di dekat halte busway Senayan JCC.


Mayasari Bakti
AC 34 (Blok M - Poris Plawad)
AC 49 (Blok M - Tanjung Priok)


PPD 
P 45 (Blok M - Cimone)


Turun di ujung ex-Taman Ria Senayan


AJA.P
138 (Blok M - Cimone)


Kopaja
615 (Lebak Bulus - Tanah Abang)


Dari Lebak Bulus/Ciputat
Turun di ujung ex-Taman Ria Senayan


Koantas Bima
102 (Ciputat - Tanah Abang)


Dari Grogol/Slipi
Turun di dekat halte busway Senayan JCC.


Mayasari Bakti 
P 02/P 55 (Kampung Rambutan - Grogol)


PPD 
213 (Kampung Melayu - Grogol)


Turun di depan gerbang JCC.


Koantas Bima 
102 (Ciputat - Tanah Abang)


Kopaja
615 (Lebak Bulus - Tanah Abang)


Dari Sudirman/Thamrin/Senen
Turun di dekat halte busway Senayan JCC.


Mayasari Bakti 
AC 62 (Senen - Cimone)
AC 133 (Tanah Abang - Cimone)


PPD
213 (Kampung Melayu - Grogol)


Dari Kampung Rambutan/Cililitan
Turun di dekat halte busway Senayan JCC.


Mayasari Bakti
AC 02 (Kampung Rambutan - Kalideres)
P 02/P 55 (Kampung Rambutan - Grogol)


Dari Cileungsi/Cibinong
Turun di dekat halte busway Senayan JCC.


Mayasari Bakti 
AC 42A (Cileungsi - Kalideres)
AC 43 (Cibinong - Grogol)

Dari Depok
Turun di dekat halte busway Senayan JCC.


Mayasari Bakti
AC 81 (Depok - Kalideres)


PPD 
P 54 (Depok - Grogol)

Dari Bekasi
  • Bekasi Barat: Naik Mayasari Bakti AC 05 -> Turun di Komdak/depan Plaza Semanggi -> Naik P 02/P 55/P 54 -> Turun di dekat halte Senayan JCC.
  • Bekasi Timur: Naik Mayasari Bakti AC 05/AC 52/P 27/P 50 -> Turun di  Komdak/depan Plaza Semanggi -> Naik P 02/P 55/P 54 -> Turun di dekat halte Senayan JCC.
Dari Ciledug
Naik Bianglala AC 44 (Ciledug - Senen)/Mayasari Bakti AC 35 (Ciledug - Senen) -> Turun di dekat halte Polda -> Naik AC 34/AC 49/P 45 -> Turun di dekat halte Senayan JCC.


Rincian rute bus: 


Rute Bus Besar (Mayasari Bakti AC)

Rute Bus Besar (Mayasari Bakti non-AC)

Rute Bus Besar (Selain Mayasari Bakti)

Rute Bus Sedang


Semoga membantu :D

Senin, 18 Juni 2012

Carut-marut Pelayanan KRL (2)

Lanjutan dari Carut-marut Pelayanan KRL (1)

Mungkin AC/pendingin ruangan banyak dikomentari penumpang karena sering mati/gak dingin. Di beberapa rangkaian seperti Tokyo Metro 5000/Tokyu 8000 dan 8500/Toyo Rapid 1000, memang AC-nya udah gak ada anginnya alias mati. Kalopun ada anginnya, pasti gak dingin. Gue gak tahu kenapa pemerintah membeli KRL seperti itu. Beredar kabar, armada Tokyo Metro 5000 dan Toyo Rapid 1000 dibeli secara terselubung oleh Dirjen Perkeretaapian saat itu, Soemino Eko Saputro. Padahal, KRL tersebut siap dirucat/dibesituakan karena gak layak pakai lagi. 

Masalah AC gak berhenti di rangkaian itu saja. Banyak rangkaian KRL yang AC-nya hampir almarhum. Salah satunya adalah KRL eks Toei 6000. KRL ini adalah KRL hibah dari kaisar Jepang pada tahun 2000. Pada awal peluncuran, AC-nya bisa dibilang dingin karena KRL yang memiliki fasilitas AC gak ada tandingannya saat itu. Setelah sepuluh tahun beroperasi, filter-nya jarang bahkan gak dibersihkan sehingga udara di dalam KRL menjadi panas. 

Di artikel ini, HD menyatakan bahwa interval waktu antar-KRL akan dipercepat menjadi tiga menit sekali. Pernyataan itu gak spesifik untuk rute mana. Kalo interval itu diperuntukkan untuk rute Jakarta - Bogor, mungkin hanya dongeng sebelum tidur saja. Bukannya gue negative thinking nih. Interval tujuh menit sekali saja KRL belum tentu datang, gimana interval-nya dipercepat? Idenya HD sih bagus, tapi harus dipikirkan sarana dan prasarananya seperti listrik, kelayakan armada KRL, dan sebagainya. 

Artikel ini dibuat bukan untuk merendahkan pelayanan KRL di Jabodetabek, tapi dibuat agar petinggi PT.KAI mengerti apa keluhan penumpang dan segera membenahinya. Itupun terjadi kalo petingginya baca, hehehe.

"Sebuah rencana hebat dapat gagal hanya karena kurangnya kesabaran". - Konfusius

Carut-marut Pelayanan KRL (1)

Memang, pelayanan transportasi umum di Jakarta belum memuaskan. Dari bus reguler, busway serta KRL. Tapi, gue mau bahas tentang pelayanan KRL karena hal itu paling sering muncul di timeline Twitter gue dan beberapa koran.


"Gangguan perjalanan karena kerusakan kereta berkisar 10 - 32 kali per bulan" - Kompas, 11 Juni 2012


Dari kutipan di atas, dapat disimpulkan bahwa pelayanan KRL di Jabodetabek amburadul. Kenapa? Kalo satu bulan ada 30 gangguan, berarti satu hari ada satu gangguan perjalanan KRL. Biasanya, gangguan terjadi di lintas Jakarta - Bogor. Gangguan ini sering dialami KRL Ekonomi karena umurnya terlalu tua dan suku cadangnya susah didapat. KRL Commuter Line tak luput dari gangguan walaupun jarang terjadi. 


Sebenernya, gangguan ini gak perlu terjadi karena di dipo Depok, Bukit Duri, dan beberapa stabling/pool KRL lain  masih tersedia KRL siap pakai. Kalo terjadi gangguan pada KRL, maka KRL cadangan siap dikirim untuk menanggulangi penumpang. Namun, apa yang terjadi? KRL dibiarkan tergeletak di stasiun/petak dimana KRL itu mengalami gangguan, dan tidak menyediakan KRL cadangan sehingga penumpang dibuat geram karena keadaan ini. Bisa dibilang, PT.KCJ belum siap menghadapi hal-hal seperti ini.


Menurut gue, KRL satu kelas lebih baik karena penumpang gak dibuat bingung dengan kelas KRL. Tapi, tarifnya disesuaikan dengan tingkat ekonomi penggunanya. Jangan lupa, pelayanan kepada pengguna tetap menjadi nomor satu. 


Siapa yang setuju sistem transit KRL serta Loop Line? Mungkin gak banyak yang setuju karena gak praktis dan buang-buang waktu. Saat awal pelaksanaan sistem Loop Line, banyak penumpang dari Bekasi mengamuk di Stasiun Manggarai karena KRL Feeder yang mereka tunggu gak lewat-lewat.  Kejadian itu bisa dilihat di sini. Menurut gue, adanya KRL Feeder menguntungkan buat penumpang dari Serpong/Tangerang/Bekasi tujuan Stasiun Sudirman. Tapi, apa kenyataannya? Jadwal KRL Feeder sering meleset dari kedatangan KRL dari tiga rute tersebut  sehingga penumpang gak bisa naik KRL Feeder itu. Mau gak mau, mereka harus menunggu KRL Commuter Line/KRL Ekonomi dari Jatinegara. 


Baru-baru ini, gue baca artikel di sini. Di artikel itu, seseorang yang berinisial HD menyatakan, 


"... di kereta AC tidak ada penumpang yang naik di atap kan". 


Pas gue baca, pernyataan itu seperti bermimpi di siang bolong. Kenapa? Beberapa kali gue 
lihat langsung/di Twitter, KRL Commuter Line sering dinaiki atapers karena minimnya armada KRL dan kedisiplinan terhadap peraturan gak ditegakkan. Dari sini, bisa diambil kesimpulan bahwa banyak dari pejabat yang ngurusin KRL gak pernah naik KRL/melihat secara langsung keadaan KRL di jam sibuk. Gak percaya? Nih, salah satu buktinya.



Maskotnya PT.KCJ aja dikerubungin atapers saat hari pertama pengoperasian single operation. Kalo kejadian ini gak dibenahi, semua armada KRL Commuter Line berevolusi jadi KRL Ekonomi karena pintunya rusak dan terlihat kumuh.

Minggu, 10 Juni 2012

Penggantian Perjalanan KRL Ekonomi

Berikut No KA pada perjalanan KRL Ekonomi yang digantikan dengan KRL Commuter Line.


Rute Bogor - Jakarta PP


809/810 Bogor-Jatinegara 05:18 

811/812 Jatinegara-Depok 07:27 

833 Depok-Jakarta Kota 09:13 

834 Jakarta Kota-Manggarai 10:30 

861 Manggarai-Jakarta Kota 16:13 

862 Jakarta Kota-Bogor 16:44 

879/880 Bogor-Jatinegara 18:59 

881/882 Jatinegara-Bogor 21:12 


Rute Bekasi - Jakarta PP


893 Bekasi-Jakarta Kota 06:45 

894 Jakarta Kota-Bekasi 07:46 

897 Bekasi-Jakarta Kota 09:16 

898 Jakarta Kota-Bekasi 10:25 

899 Bekasi-Jakarta Kota 11:45 

900 Jakarta Kota-Bekasi 12:55 

901 Bekasi-Jakarta Kota 14:08 

902 Jakarta Kota-Bekasi 15:08 

905 Bekasi-Jakarta Kota 16:12 

906 Jakarta Kota-Bekasi 17:08 

909 Bekasi-Jakarta Kota 18:18 

910 Jakarta Kota-Bekasi 19:25 


SUMBER