Selasa, 24 April 2012

Sekilas Bus Kota Jakarta


Berhubung tanggal 24 April adalah hari angkutan Jakarta, gue mau bahas tentang transportasi umum di Jakarta. Karena transportasi berbasis rel sering dibahas di sini, gue akan membahas tentang bus kota. Kali ini, gue akan membahas rute bus Mayasari Bakti P.02, R.507, dan PPD 45.

Dimulai dari P.02 rute Kampung Rambutan – Grogol PP. Awalnya, bus ini punya tiga rute, yaitu P.6 (Kampung Rambutan – Grogol), P.6A (Kampung Rambutan – Kalideres), dan P.6B (Kampung Rambutan – Muara Angke). Tapi, ketiga rute tersebut  terpaksa digusur keberadaannya oleh Trans-Jakarta koridor 9 (Pinang Ranti – Pluit) pada akhir tahun 2010. Beberapa bulan kemudian, muncullah rute ini sebagai pengganti rute yang dihapus oleh Dishub. Bus ini kelihatan ramenya menjelang malam. Kalo pagi, gue kurang tahu soalnya jarang memantau bus itu. Tak semua bus ini mengantar penumpangnya ke Kampung Rambutan, ada beberapa bus yang beroperasi hanya sampai UKI. Rute ini tak hanya ditangani oleh bus ini, ada AC.02 (Kampung Rambutan – Kalideres) yang tidak kena dampak busway koridor 9 secara langsung. Bus ini lebih rame daripada P.02 karena waktu tempuhnya lebih cepat dibandingkan bus tersebut.

Lanjut ke R.507 rute Pulogadung – Tanah Abang PP. Dari rutenya, bus ini banyak bersinggungan dengan jalur busway koridor 2 (Harmoni – Pulogadung PP). Di jam-jam sibuk, bus ini sering overload penumpang karena busnya jarang lewat. Gue juga pernah naik bus ini, dan hasilnya beragam. Pertama kali naik, gue berdiri di ujung pintu karena penumpangnya melebihi kapasitas walaupun gue pernah naik sampai Tugu Tani, tempat “Xenia maut” menabrak sembilan orang hingga tewas. Biasanya, bus ini sudah penuh dari Tanah Abang. Sepi-sepinya bus itu tetep berdiri. Di daerah Senen, banyak penumpang yang menunggu bus ini.

Yang terakhir, PPD 45 rute Cililitan – Blok M PP. Bus ini juga berdampingan dengan busway koridor 9 (Pinang Ranti – Pluit), tapi bus ini tidak terkena “gusuran” Dishub karena (mungkin) bus ini lewat Mampang yang tidak berdampingan dengan jalur busway. Bus ini menggunakan bus impor dari Jepang, tapi ada armadanya yang menggunakan bus seperti bus Mayasari Bakti/bus pariwisata. Warna busnya putih berstiker merah. Bus ini hampir setiap hari penuh penumpang karena melewati banyak perkantoran di daerah Pancoran.

Selamat hari angkutan nasional!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar