Jumat, 23 April 2010

Keunikan Daerah Operasi Indonesia(part 1)

Semua rintangan udah selese. FREEDOM!!! saatnya nulis di blog yg sepi kayak jangkrik!!!udah gerah ngeliat soal2 di lemari buku...!

skarang kita bahas tentang Daerah Operasi(Daop) di pulau jawa. mulai dari daop 1 jakarta, daop satu2nya yg punya jalur elektrifikasi yg bisa dilewatin KRL. trus, daop ini bisa dibilang rame keretanya, hampir 350 perjalanan kereta api per hari, dari KRL, KRD, kereta jarak jauh, ampe kereta barang. sibuk banget tuh PPKA-nya(PPKA = Pemimpin Perjalanan Kereta Api), terutama PPKA stasiun jatinegara. di sini, mereka harus kerja keras + ekstra teliti. salah sedikit, bisa tabrakan antar kereta.


Stasiun Jatinegara + Jalur Elektrifikasi


KRL yg cuma ada di daop 1

daop 2 bandung, mungkin satu2nya yg punya jalur paling terjal di indonesia. makanya, ama PT.KA dijadiin tempat tes lokomotif2 baru, kayak CC 204 yg baru keluar dari 'rumah' buat gantiin tugas BB 301, BB 303, BB 304 yg udah tua. ga cuma itu, daop ini punya stasiun aktif tertinggi di indonesia. stasiun NAGREK, inilah stasiun yg punya ketinggian paling tinggi, 848 meter dpl. ada lagi, stasiun cikajang. mungkin agak asing di telinga orang, udah mati alias ga beroperasi lagi. ketinggiannya ampe 1246 meter dpl!!!!! anehnya lagi, kereta yg lewat stasiun nagrek ga ada yg mogok abis lewat situ. daop ini juga punya terowongan terpanjang di indonesia. cuma udah ga dilewatin kereta lagi. terowongan Wihelmina/sumber. panjangnya skitar 1,2 km!! coba klo ada kereta yg lewat situ, bisa jd objek buat para fotografer. ada lagi, namanya jembatan cikacepit. udah ga beroperasi juga. jembatan kereta ini terpanjang di indonesia, skitar 800 meter. wow! gimana rasanya klo lompat ke bawah ya???? *don't try THIS at bridge'!!! ada 1 jembatan lagi, tapi yg ini masih aktif. namanya jembatan Cirahong, jembatan yg bisa dilewatin mobil/motor. pemandangannya lumayan bagus, tapi ada yg agak asing dari sini. di jembatan ini, ada sekelompok orang yg maen di jembatan ini. maen kelereng?? bukan. lompat dari jembatan ke dasar jurang!!!! tapi yg ini ga bakalan jatoh, dikasih pengaman koq. bisa sendiri, bisa ber-2 lompatnya.


Stasiun Bandung


Stasiun Cikajang


Terowongan Wihelmina


Jembatan Cirahong

beralih ke daop 3 cirebon, ga banyak yg unik di sini. yg ada cuma jalurnya yg datar & ga banyak berliku. eiiitt, lupa. daop ini punya lokomotif yg ga ada di daop manapun..! CC 200 15, lokomotif diesel elektrik pertama di indonesia ini masih bisa idup, biarpun agak ngos2an. populasinya tinggal 1, padahal udah diusahain biar yg idup ga cuma 1. knapa bisa gitu???? karena suku cadangnya udah langka, trus keadaan lokomotifnya yg udah tua. mau ga mau, harus dikanibal biar idup lokomotifnya. daop ini punya alat2 evakuasi kecelakaan kereta paling lengkap & modern. jd klo ada kereta anjlok/tabrakan, crane yg buat ngangkat kereta yg anjlok datengnya dari sini smua. ada sih yg dari solo, cuma armadanya kurang lengkap dibandingin ama cirebon. dan daop ini ga punya yg namanya KRD/Kereta Rel Diesel). mungkin penumpangnya jarang yg naek KRD. sebenernya daop 3 pernah ngejalanin KA feeder cirebon - ketanggungan, tapi penumpangnya sepi, jd dibubarin deh. 1 lagi, daop ini ga punya kereta ekonomi(K3).


CC 200 15, satu2nya lokomotif CC 200 yg masih idup

daop 4 semarang, daop yg punya pemandangan paling bagus di pantura. dari pekalongan - semarang poncol, pemandangannya hampir smua laut beserta pantainya. ada keunikan lainnya, stasiun semarang tawang sering kena rob yg ujung2nya BANJIR. ga kalah ama jakarta banjirnya klo lg musim ujan. klo udah gini, aktivitas di stasiun itu jd terganggu. terutama buat lokomotif penarik rangkaian KA jarak jauh, klo dipaksain masuk ke 'kolam' air rob, dijamin rusak. soalnya traksi motornya sebagian ada di bawah. buat ngakalin biar ga ada 'korban' klo masuk situ, daop 4 ngambil lokomotif diesel hidrolik(DH). kayak lok BB 304 & BB 301. knapa ngambil lok DH??? karena traksi motorya di atas smua. jd aman menerjang banjir setinggi apapun, asalkan ga ampe badan & mesinnya ikut kerendem. o'ya, jalur kereta pertama di indonesia ada di sini!!! jalurnya klo ga salah dr semarang tawang - tambaksari(stasiun tanggul).


Stasiun Semarang Tawang, seperti tempat mancing musiman



dah dulu ampe di sini. tunggu kedatangan part 2-nya ........

5 komentar:

  1. widhiiw, benar2 'dukun kereta' wkwkw :D Keren tuh jalur yg di Jatinegara *krik krik*

    BalasHapus
  2. iya dong bagus, ngambil di google :D

    BalasHapus
  3. lanjutkan kang.... inspiratif sekali,,, nambah wawasan per-kereta apian

    BalasHapus
  4. Sebenarnya di DAOP 9 Jember juga punya jalur tanjakan yang terjal, lewat terowongan dan banyak tikungan yang tajam walaupun tidak se ekstrim dan seterjal dengan jalur KA di wilayah DAOP 2 Bandung.

    BalasHapus