Minggu, 25 April 2010

Selamat Jalan KA Parahyangan dan KA Argo Gede

berhubung artikel "keunikan daerah operasi indonesia" sulit nyari gambarnya, jd pembuatannya dihentikan sementara.. dan berhubung juga KA Parahyangan & KA Argo Gede akan dihentikan atau tepatnya dijadiin satu, jd penulis bikin keputusan buat bikin artikel ini. publikasinya juga agak lama dikarenakan..... males.

26 April 2010, KA Parahyangan & KA Argo Gede TERAKHIR dioperasikan. mengapa bisa begitu??? ada beberapa alasan knapa 2 KA ini dihentikan. 1. karena biaya operasional lebih besar daripada jumlah penumpang yg naek. 2. karena terjadi longsor di deket stasiun ciganea yg membuat 1 dari 2 jalur yg ada ga bisa dipake, jd waktu tempuhnya lebih lama.

KA PARAHYANGAN, beroperasi tgl 31 Juli 1971 ini membawa 6-7 rangkaian bisnis sekali jalan. pas awal perjalanan, KA ini ditarik BB 301/BB 304. saat itu, kereta api adalah transportasi UNGGULAN & TAK TERTANDINGI daripada mobil/motor. tiap hari penumpangnya selalu penuh. apalagi pas hari sabtu & minggu, bisa membludak. waktu tempuhnya juga gak lama, 2.5 jam aja. pasti lebih cepet daripada mobil yg lebih dari 3 jam biar nyampe bandung. pas lagi rame2nya kereta api, tahun 2005 jasa marga bikin tol ke arah bandung biar tol padalarang - cileunyi nyambung ke tol jakarta - cikampek. pas tolnya jadi, penumpang KA parahyangan merosot ampe 60%!!!!! tapi PT.KA ga nyerah gitu aja, PT.KA banting harga tiket parahyangan skitar 30-40 ribu dari tiket normal. bahkan, harga tiketnya LEBIH MURAH daripada tiket travel, kayak cipaganti. klo cipaganti, tarifnya skitar 50-60 rebu skali jalan. parahyangan, tarifnya bisa 35-50 rebu doank. ga cuma itu, tempat perhentiannya juga ditambah. biasanya dr gambir langsung ke bandung, kali ini dia 'ngetem' dulu di jatinegara ama bekasi. ada 2 perjalanan yg berhenti di jatinegara, bekasi, & cimahi. tapi 1 kekurangan yg sulit dibenerin. KETEPATAN WAKTU SAMPE DI BANDUNG, masalah yg 1 ini mungkin ga cuma di sini, smua kereta api pasti begini. relnya udah diganti ama R54 yg tadinya R42, tetep aja kecepatannya dibawah 110 km/jam. tapi klo di petak cibungur - padalarang dimaklumi lah, tanjakan ama belokan tajem turunin ampe ya 70 km/jam. kenyataannya, di track lurusan paling kenceng kira2 85 km/jam. di tanjakan & tikungan paling kenceng kira2 60 km/jam. bagaimana ga telat???? tapi mau gimana lagi, keputusan ga bisa diganggu gugat. hari ini adalah perjalanan terakhirnya....


Lokasi longsor setelah stasiun Ciganea


Jadwal KA Parahyangan Terakhir *tgl 27 udah ga ada*


Berakhirlah kejayaan KA Parahyangan selama 39 tahun

KA ARGO GEDE, ga banyak seperti parahyangan, umurnya (mungkin) baru 17-20 tahun melayani rute gambir - bandung. KA ini adalah KA Argo pertama di Indonesia bersama temennya, Argo Bromo Anggrek tujuan gambir - surabaya ps. turi. sekali jalan, KA ini membawa 4 kereta eksekutif & 1 MP1(kereta makan pembangkit eksekutif). kadang ditarik CC 201, CC 203, bahkan CC 204 yg baru. dan uniknya, pas nyampe gambir, lok langsung langsir ke arah bandung & ga istirahat dulu. canggih, kalo mogok di tengah jalan gimana ya? tapi nasibnya sama kayak parahyangan, harus dihentikan atau lebih tepatnya dijadiin satu...

sebagai gantinya, PT.KA daop 2 bandung udah nyiapin strategi buat ngatasin ini smua. KA ARGO PARAHYANGAN, gabungan dr PARAHYANGAN & ARGO GEDE. rangkaian ini lumayan unik, soalnya 1 rangkaian terdiri dari: 4 eksekutif, 2 bisnis, & 1 MP1. di mana uniknya???? biasanya, KA Argo tidak ada rangkaian bisnis. nantinya, KA ini jalan 6 kali sehari + 2 kali di hari libur. semoga dgn adanya KA ini ga ada yg namanya penghapusan kereta api....

ga cuma itu, PT.KA daop 2 bandung bikin terobosan baru. KA Malabar Ekspress jurusan Malang - Bandung PP. KA ini lumayan unik, soalnya 1 rangkaian 3 'rasa'. rasa Eksekutif, rasa Bisnis, & rasa Ekonomi. ngikutin jejak KA Serelo jaman dulu jurusan Kertapati - Lubuklinggau PP. sayang, KA ini 'dipecah' jd 2 rangkaian. KA Serelo jd KA ekonomi, sisanya jd KA Sindang Marga. rutenya sama, cuma beda suasana aja. formasi KA Malabar: 2 eksekutif, 3 bisnis, 2 ekonomi, 1 M2(kereta makan bisnis), & 1 BP. harga tiketnya.... lumayan mahal , nggak lah. pasti lebih murah dibandingin angkutan umum apapun. eksekutif 200 rebu, bisnis 130 rebu, & ekonomi 80 rebu. bayangin aja, cuma 80 rebu ke Malang yg jaraknya skitar 780 km...!! pelayanan KA Malabar terutama kelas Ekonomi pun ditingkatkan. pedagang asongan, pengemis, apalagi yg namanya penumpang gelap DILARANG masuk, serasa kelas eksekutif. KA ini berhenti di stasiun: Kiaracondong, Cipendeuey, Tasikmalaya, Banjar, Gombong, Kebumen, Kutowinangun, Kutoarjo, Wates, Yogyakarta, Klaten, Solobalapan, Paron, Madiun, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar dan Kepanjen *banyak amat ya?*


KA Malabar yg ditarik lok CC 204 17 di jembatan Lahor, Karangkates, Jawa Timur


Jadwal KA Malabar

semoga langkah ini bisa buat PT.KA daop 2 bandung dapet untung, ga dapet rugi sebesar 36 milyar lagi. dan semoga KA ini ga bubar kayak KA Priangan Ekspress jurusan Banjar - Pasarsenen yg baru 4 bulan beroperasi gara2 okupansinya menurun.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar